Pengukuhan Guru Besar Tahun 2022  KLIK disini
Toggle Bar

Sistem Informasi

Untuk melaksanakan pengelolaan instusi berbasis teknologi informasi dan komunikasi, Universitas Andalas melalui Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyediakan beragam aplikasi untuk dipakai oleh sivitas akademika dan umum.

Aplikasi dan Layanan

Mail Server

Server email berbasis Web.

Portal Akademik

Halaman portal akademik bagi mahasiswa dalam pengelolaan rencana studi, hasil studi dan status pembayaran, bagi dosen untuk persetujuan rencana studi dan input nilai online dan bagi orang tua untuk memonitor kegiatan akademik anaknya.

e-Office

Dokumentasi digital surat masuk, surat keluar dan disposisi surat pada setiap unit kerja yang dapat diakses secara online.

Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian

Layanan yang mendokumentasikan seluruh kegiatan kepegawaian mulai dari data pribadi , mutasi dan kinerja pegawai yang diakses melalui portal pegawai.

Layanan Pengadaan Secara Elektronik

Halaman akses informasi mengenai Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Secara Elektronik di lingkungan Universitas Andalas.

Registrasi

Aplikasi utama untuk pencatatan biodata, jalur masuk dan pembuatan nomor induk mahasiswa baru sebagai bais data awal sistem informasi akademik.

Pra-Registrasi

Mekanisme penentuan besar uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru berdasarkan parameter-parameter yang telah ditentukan dengan mengunggah dokumen terkait.

Info Penerimaan Mahasiswa Baru

Mekanisme penentuan besar uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru berdasarkan parameter-parameter yang telah ditentukan dengan mengunggah dokumen terkait.

Ujian Masuk Program Pascasarjana

Aplikasi pendaftaran/ujian masuk mahasiswa baru program Pascasarjana dengan mekanisme pembelian PIN di bank dan mengisi formulir pendaftaran dengan login pada aplikasi ini sesuai dengan PIN yang didapat dari bank.

Pendaftaran FE Program D3, Program S1 Intake D3 dan kerjasama

Aplikasi pendaftaran/ujian masuk mahasiswa baru Program D3, Program S1 Intake D3 dan kerjasama di Fakultas Ekonomi dengan mekanisme pembelian PIN di bank dan mengisi formulir pendaftaran dengan login pada aplikasi ini sesuai dengan PIN yang didapat dari bank.

Pendaftaran FKM Program S1 Intake D3

Aplikasi pendaftaran/ujian masuk mahasiswa baru Program S1 Intake D3 di Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan mekanisme pembelian PIN di bank dan mengisi formulir pendaftaran dengan login pada aplikasi ini sesuai dengan PIN yang didapat dari bank.

Pendaftaran Kelas Bahasa Inggris

Aplikasi pendaftaran mahasiswa untuk Kelas dengan pengantar Berbahasa Inggris dengan mekanisme pembelian PIN di bank dan mengisi formulir pendaftaran dengan login pada aplikasi ini sesuai dengan PIN yang didapat dari bank.

SKST

Sistem informasi pengelolaan surat keputusan dan surat tugas yang terkait dengan sivitas akademika universitas andalas.

Manajemen Test Bahasa

Aplikasi pendaftaran ujian di Pusat Bahasa secara online dengan pembelian PIN di bank mitra.

Manajemen Alat Laboratorium

Halaman informasi dan pengelolaan alat Laboratarium yang ada pada semua laboratorium di Universitas Andalas.

Barang Habis Pakai

Aplikasi pengelolaan Barang Habis pakai di lingkungan kampus.

Sistem Informasi Manajemen Perencanaan dan Anggaran

Aplikasi pengelolaan perencanaan kegiatan tiap unit dengan merujuk kepada Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKAKL) yang dibuat.

Katalog Koleksi Perpustakaan Daring (OPAC)

Aplikasi pengelolaan katalog koleksi fisik yang ada di Perpustakaan Universitas Andalas.

Hanya dari Intranet kampus

Aplikasi berikut hanya bisa diakses pada jaringan kampus Universitas Andalas.

Intranet Simlayar

aplikasi layanan pembayaran host-to-host bank mitra dengan deskripsi laporan per tanggal transakasi dan per fakultas.

Intranet Sistem Informasi Akademik

Halaman portal akademik bagi mahasiswa dalam pengelolaan rencana studi, hasil studi dan status pembayaran, bagi dosen untuk persetujuan rencana studi dan input nilai online dan bagi orang tua untuk memonitor kegiatan akademik anaknya.

Intranet Dashboard Sistem Informasi Akademik

Halaman monitoring pengaturan SIA dengan menampilkan data dari semua fakultas.

Intranet Decision Support System

Aplikasi sistem informasi eksekutif yang menampilkan laporan data semua aplikasi.

Intranet Absensi Perkuliahan

Aplikasi yang mencatatkan proses perkuliahan yang mengacu kepada jadwal perkuliahan yang sudah ditetapkan di awal semester.

Intranet Feeder Pangkalan Data Perguruan Tinggi

Aplikasi akademik local sebagai aplikasi pengumpan pelaporan data perguruan tinggi di tingkat kampus sebelum disinkronisasikan ke server DIKTI.

Intranet eJournal ScienceDirect

Link ke laman ScienceDirect untuk penelusuran artikel dan ebooks terbitan Elsevier.

e-Resources

Untuk mendukung proses pembelajaran dan koleksi dokumen elektronik kampus.

e-resources iLearn

Learning Management System yang digerakkan dengan sistem opensource dan dibagi kepada setiap fakultas.

e-resources Direktori eJournal

Direktori ejournal yang diterbitkan oleh pengelola di unit kerja dalam lingkungan Universitas Andalas.

e-resources Digital Library

Aplikasi yang menyimpan koleksi buku dalam format elektronik.

e-resources Katalog Muatan Lokal

Memakai istilah/terminologi yang sama dengan Perpustakaan Nasional (Local Content). Berisi koleksi laporan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

e-resources eSkripsi

Layanan penyimpanan skripsi-thesis-disertasi mahasiswa dalam format elektronik.

e-resources Koleksi Prosedur Operasional Baku

Aplikasi yang menyimpan koleksi prosedur operasional baku Universitas Andalas.

e-resources Repositoy

“Gudang” dokumen elektronik Universitas Andalas yang tidak termasuk dalam kategori eskripsi maupun localcontent.

e-resources Ensiklopedia Minangkabau

Aplikasi yang menyimpan istilah-istilah dalam kebudayaan Minangkabau dan dikelola dengan pola ensiklopedia.